Senin, 28 September 2015

Tips Agar Menggoreng Kentang Tidak Lengket



 
Siapa yang engga suka kentang? Kayanya jarang ya. Mau kentang rebus, soup kentang sampai kentang goreng pasti punya penggemar masing-masing. Berbagai rentauran cepat saji menyediakan menu berbagai macam olahan kentang. Terutama kentang goreng yang terlihat amat mudah di praktikan di rumah. Hanya memerlukan kentang dan minyak goreng saja Namun, beberapa orang memilih untuk membuatnya sendiri di rumah dengan alasan lebih higienis dan tentu saja irit.


Salah satu masalah yang timbul saat pertama kali mencoba pasti adalah kentang yang di goreng menempel satu sama lain, atau mungkin juga menempel pada wadah penggorengan. Ini solusinya:

1.      Kupas kentang lalu cuci sampai bersih. Setelah itu potong sesuai selera. Bisa sebesar korek api atau di iris tipis seperti potatto chips, jika ingin mudah, gunakan parutan kentang yang banyak di jual di toko peralatan dapur.

2.      Setelah itu cuci kembali kentang yang telah di potong dan pastikan getah yang ada pada kentang hilang yaitu sampai air bilasan kentangnya tidak butek lagi melainkan bening lalu tiriskan dan pastikan kentang tidak terendam air karena akan menyebabkan kentang menjadi sedikit lembek. Hal ini mencegah kentang menjadi lengket saat di goreng.

3.      Setelah itu taburi garam lalu aduk. Ya! Garam! Agar kentang yang kita masak menjadi sedikit gurih. ini optional ya.

4.      Siapkan wajan kering dan pastikan bersih dari sisa gorengan yang menempel, sisa-sisa makanan yang menempel pada gorengan dapat membuat kentang menempel pada wajan, lalu masukan minyak. Jangan lupa, Menggoreng kentang harus menggunakan minyak yang menggenang.

5.      Sebelum menggoreng, pastikan minyak sudah benar-benar panas.

6.      Goreng dengan api sedang dab angkat sebelum warna menjadi gelap karena kentang akantetap semakin menggelap walaupun sudah di angkat selama masih panas.

 Nah. Itu dia tips agar kentang yang kamu buat sendiri tidak menempel sana sini. Selamat mencoba..

1 komentar:

  1. Pas banget nih buat aku yang suka makan kentang goreng dan lagi pengen coba buat sendiri. Selain itu aku juga punya rahasia cara menggoreng kentang supaya bisa renyah.

    BalasHapus